“Big Data” adalah istilah yang menggambarkan volume data yang sangat amat besar (baik terstruktur ataupun tidak), yang bisa di analisa untuk membuat keputusan baik itu bisnis, politik, dan semua aspek.
Disadari atau tidak, para pengguna internet termasuk media sosial berada dalam berbagai hal yang dipengaruhi oleh penggunaan big data.
Iklan yang kita lihat termasuk di media sosial, banyak yang muncul berdasarkan analisa big data.
Banyak pihak yang sudah mempergunakan “big data” untuk kepentingannya, baik di dunia bisnis, politik, organisasi bahkan pribadi.
Materi yang akan dibawakan “Navigating Uncertainty with Scenario Planning and Predictive Analytic” dengan point utama antara lain 1. Turbulence, Uncertainty, Novelty and Ambiguity 2. Scenario Planning 3. Predictive Analytics 4. Digital Leadership dan tanya jawab.
Dalam piala dunia sepakbola, pemenang juara 1 akan yang dicatat dan dikenang. Juara 2, 3 dan seterusnya akan mudah dilupakan. Walau permainan bagus, menguasai bola, banyak peluang, tetapi yang menang adalah yang mencetak gol lebih banyak. Di dunia sehari-hari, ketika ada tender, maka hanya ada 1 pemenang. Termasuk dalam berjualan atau berebut 1 posisi lowongan kerja.
Cinta bisa berubah menjadi benci. Seorang yang awalnya kontribusi, loyal dan dedikasi akhirnya berubah menjadi pasif bahkan bisa menjadi musuh. Hal seperti ini bisa terjadi di dunia kerja, di organisasi bahkan di keluarga.
Banyak orang berpikir, memahami finance itu hanya penting bagi orang yang pekerjaan di bidang finance. Bagi orang yang bekerja di bidang sales marketing, produksi, HR, dll seolah tidak penting. Banyak juga pengusaha yang tidak mau belajar tentang finance. Mereka hanya tergantung kata orang lain saja.