Umumnya setiap usaha atau organisasi ingin bertumbuh setiap tahun. Perusahaan yang sehat akan terlihat dari pertumbuhan bisnis (omset, laba, cabang, dll). Namun pada kenyataannya ada yang stagnan bahkan menyusut sampai akhirnya tutup alias bangkrut. Bagaimana dengan kita pribadi? Di range usia produktif, manusia perlu terus bertumbuh.
Ketika melamar kerja, sebaiknya saya memilih jalur karir seperti apa? Bagi yang sudah kerja apakah saya cocok di bidang pekerjaan ini atau perlu pindah? Bagaimana ketika diminta mutasi (pindah) bagian? Kapan waktu yang tepat untuk beralih jenis pekerjaan? Kapan dan situasi apa yang tepat untuk pindah perusahaan?
Ada orang yang dianggap sukses dalam pekerjaan atau bisnis, namun bermasalah dalam kehidupan pribadi atau keluarga. Di usia menjelang pensiun, banyak orang yang “menyesali” apa yang dijalani bertahun-tahun dalam bekerja. Dia merasa bersalah dan gagal, seperti mengorbankan diri dan keluarga demi pekerjaan.
Project management adalah miniature dari semua bidang ilmu manajemen. Project management tidak hanya diterapkan pada proyek proyek besar, tapi juga dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik didalam maupun diluar lingkungan pekerjaan. Resepsi pernikahan, renovasi rumah, kegiatan bakti sosial dan masih banyak kegiatan lain yang dapat kita tangani dengan menggunakan pendekatan project management.
Salah satu upaya penanggulangan adalah mengurangi emisi rumah kaca dan dekarbonisasi ekonomi, yang membutuhkan kerjasama banyak pihak. Banyak pihak menganggap bahwa ESG (Enviroment, Social & Governance) itu adalah beban. Padahal itu bisa jadi peluang untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Bagaimana cara menerapkan peduli pada lingkungan dan tanggung jawab sosial, namun tetap bertumbuh secara bisnis?
Interpersonal skill adalah kunci sukses dalam berbagai aspek kehidupan, terutama di tempat kerja. Kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan efektif tidak hanya mempengaruhi produktivitas tetapi juga kesejahteraan emosional.
Bagaimana memimpin bawahan, adalah hal yang sering dipelajari di berbagai seminar,training,dll. Namun bagaimana berhadapan, bersikap, bertindak dan kerja dengan atasan? Apa istilah yang tepat untuk itu dalam bahasa Indonesia? Tidak mudah cari padanan yang tepat karena bisa disalah mengerti. Mengelola atasan? Mengendalikan atasan? Menurut atasan? Dalam bahasa Inggris sering disebut dengan istilah “manage up”.
Gigih & Konsisten – HUT 3 Auxano Indonesia Muda
Generasi stroberi adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan fenomena anak muda pintar, kreatif, banyak ide tapi mudah hancur ketika mendapat tekanan. Cenderung tidak mau kerja keras, berkeringat, kotor dan yang proses yang lama. Terutama untuk anak yang dibesarkan dalam situasi yang sudah terlindungi atau tersedia segala sesuatu oleh orang tua. Mereka seperti stroberi yang dibesarkan dalam rumah kaca.
Dalam era yang terus berkembang ini, pengetahuan tentang keuangan pribadi dan strategi investasi sangatlah penting, terutama bagi Generasi Milenial yang menghadapi tantangan finansial yang unik. Fluktuasi ekonomi, perubahan gaya hidup, dan kemajuan teknologi membutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai bagaimana mengelola keuangan dengan bijak dan memilih jalur investasi yang tepat.
Sebuah pabrik terpaksa mengurangi karyawan karena penjualan menurun akibat masalah kualitas. Beberapa pelanggan besar menghentikan pembelian karena kecewa dengan masalah yang sering berulang. Disisi lain, biaya operasional perusahaan meningkat akibat tingginya “reject” (produk cacat). Bahkan banyak pabrik dan usaha yang akhirnya tutup (bangkrut) karena gagal menjaga kualitas. Six Sigma adalah salah satu alat manajemen yang banyak dipakai di berbagai perusahaan di seluruh dunia.